Loading.....
PENELITIAN | PENGUJIAN | PELATIHAN | BIMBINGAN TEKNIS

Mempercepat waktu tumbuh tanaman pangan dengan stimulus medan elektrik

 

Gelombang elektromagnetik telah dikenal luas manfaatnya terutama dalam bidang telekomunikasi seperti halnya pada pemancar dan penerima televisi, radio dan jaringan seluler maupun perangkat komunikasi lainnya. Beberapa kontradiksi muncul seiring dengan semakin maraknya penggunaan peralatan elektronika yang memancarkan medan elektromagnetik ini. Terutama pada hal-hal yang berkaitan dengan aspek biologis dan pengaruh terhadap kesehatan.

 

Dengan semakin banyaknya penelitian tentang pengaruh medan elektromagnetik terhadap makhluk hidup termasuk manusia, hewan, sel, dan tumbuhan, beberapa hal positif yang dapat diambil namun jarang diketahui secara luas adalah adanya manfaat medan elektrik untuk mempercepat waktu pertumbuhan beberapa jenis tanaman pangan.

 

Medan elektrik merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari medan elektromagnetik. Medan elektrik dihasilkan dari adanya beda potensial listrik antara buah permukaan yang terpisah dengan jarak tertentu.

 

Beberapa penelitian terkait efek pemberian paparan medan elektrik telah menunjukkan hasil yang cukup positif, diantaranya adalah percepatan masa tumbuh pada beberapa jenis tanaman. Tanaman padi merupakan salah satu objek yang pernah diteliti, dengan pemberian paparan pada voltase eksitasi sebesar 130V selama 10 detik atau 100V selama 25 detik pada benih, tunas dan akar padi tumbuh lebih cepat secara signifikan, aktivitas enzim α-amylase dan transaminase juga meningkat, hal ini tentunya akan berkaitan dengan percepatan pertumbuhan dan sintesis protein pada padi. (Ping,2010)

 

Pada penelitian yang lain, dengan memberikan muatan listrik pada benih padi dalam kondisi suhu dan kelembaban yang terkontrol, dapat mempercepat waktu perkecambahan dan memperpanjang akar serta mampu meningkatkan produksi hingga 10-40%. (Kerdonfag,2003)

 

Selain pada padi, eksperimen ini juga diterapkan pada tanaman white radish (lobak putih), pemberian medan elektrik D.C (searah) terbukti mampu mempercepat masa pertumbuhan, meningkatkan panjang dan berat lobak. Paparan medan elektrik D.C ini disinyalir mampu mengaktivasi phytohormon yang disebut Gibberellin yang berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan batang dan penyerapan air. (Okumura,2009)

 

Dengan demikian pemberian paparan medan elektrik pada beberapa tanaman, merupakan metode alternatif yang cukup berpotensi untuk meningkatkan produksi hasil pertanian, mengingat medan elektrik cenderung tidak berbahaya dan tidak meninggalkan residu dibandingkan dengan menambahkan  katalis , bahan kimia atau pemberian radiasi sinar gamma.

 

Beberapa hal yang harus diperhatikan pada pemberian paparan medan elektrik pada benih adalah intensitas paparan medan dan grounding system ( sistem pentanahan).

 

 MIS EMC LIPI (2018)

Sumber

•             Kerdonfag P, Khan-Ngern W. The Effect of Added Electric Charge in Rice Seeds on the Rice Growth. Asia-Pacific Conf Environtmental Electromagn CEEM 2003. 2003;138–41.

 

•             Okumura T, Muratomo Y, Shimizu N. Influence of Electric Field on Plant Weight. 2009 Annual Report Conference on Electrical Insulation and Dielectric Phenomena. 2009. p. 15–8.

 

•             Ping H, Jiansong L, Guohui L, Xiaolin L. Effect of Strong Electric Field Ionizing Radiation on Physiological and Biochemical Indexes of Rice Seedlings. 2010 2nd Int Conf Inf Sci Eng. 2010;(50977041):3–6.

 

•             Jiang H, Wang S, Dang L, Wang S, Chen H, Wu Y. A Novel Short-Root Gene Encodes a Glucosamine-6-Phosphate Acetyltransferase Required for Maintaining Normal Root Cell Shape in Rice. http://www.plantphysiol.org. 2005;138(May):232–42.

 

•             Gambar: http://electricity-automation.com/img/electricity/fieldLines.jpg

 

Penulisnya: Muhammad Imam Sudrajat,S.T.

Diposting oleh hard Pada 06-November-2018 14:33:42

Kembali Share via facebook
   
PUSAT PENELITIAN SISTEM MUTU DAN TEKNOLOGI PENGUJIAN
LEMBAGA ILMU PENGETAHUAN INDONESIA (P2SMTP-LIPI)
Kawasan Puspiptek Gedung 417 Setu, Tangerang Selatan, Banten Indonesia
Telp : (+62-21) 7560 227, 75871137, 75871130, Fax : (+62-21)7560227, 75871137
email : smtp@mail.lipi.go.id, amteq@mail.lipi.go.id, bpsmtp@mail.lipi.go.id, sp_pustan@mail.lipi.go.id